Sabtu, 11 Agustus 2012

Seni Karawitan

Ada banyak hal yang menarik di Indonesia. Dari mulai alamnya, culture nya, manusianya, dan masih banyak lagi apabila kita amati secara detail. Terutama culture di Indonesia yang memang sangat beraneka ragam. Banyak faktor yang menbuat culture itu menjadi menarik dan unik. Contonya karena letak geografisnya, sejarah terdahulu sehingga mewariskan budaya yang sangan beranekaragam. Contohnya masyarakat Jawa. Begitu banyak kesenian yang diwariskan dari yang terdahulu mereka. Seni Karawitan contohnya.

 
Karawitan
adalahseni suara daerah baik vokalatau instrumentalyang mempunyai klarifikasi dan perkembangan dari daerahnya itu sendiri. Karawitan di bagi 3, yaitu :
Karawitan Sekar,
Karawitan Gending,
Karawitan Sekar Gending.
Karawitan Sekar
Karawitan Sekar merupakan salah satu bentuk kesenian yang dalam penyajiannya lebihmengutamakan terhadap unsur vokal atau suara manusia.
Karawitan Gending
Karawitan Gending merupakan salah satu bentuk kesenian yang dalam penyajiannyalebih mengutamakan unsur instrumental atau alat musik.
Karawitan Sekar Gending
Karawitan Sekar Gending adalah salah satu bentuk kesenian yang dalam penyajiannyaterdapat unsur gabungan antara karawitan sekar dan gendingPengertian dari karawitan itu sendiri secara khusus dapat diartikan sebagai Seni Musik Tradisional yang terdapat di seluruh wilayah etnik Indonesia.Penyebaran seni karawitan terdapa di Pulau Jawa, Sumatra, Madura dan Bali.Karawitan memainkan alat musik bernama gamelan, sebagai contoh Gamelan Pelog/ Salendro, Gamelan Cirebon,Gamelan Degung dan Gamelan Cianjuran (untuk bentuk sajian ensemble/kelompok). Dalam prakteknya, karawitan biasa digunakan untuk mengiringitarian dan nyanyian, tapi tidak tertutup kemungkinan untuk mengadakan pementasanmusik saja.

0 komentar:

Posting Komentar